Rabu, 21 November 2018

Kupas Tuntas Penyebab Jerawat dan Pencegahannya

Penyebab Jerawat dan Pencegahannya ialah jerawat dapat menjadi masalah yang menakutkan terutama bagi wanita yang sangat memperhatikan penampilannya. Jerawat memang tidak hanya dialami oleh kaum wanita, namun sebagian survei membuktikan bahwa wanita cenderung lebih banyak mengalami masalah dengan kulitnya, terutama kulit berminyak dan berjerawat.

Jerawat adalah kondisi di mana tersumbatnya pori-pori kulit wajah oleh kotoran sehingga menyebabkan adanya peradangan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri pada daerah kelenjar sebacea. Peradangan akut dapat menyebabkan bengkak, kemerahan, serta rasa nyeri ketika disentuh.

Tidak sedap dipandang adalah akibat dari jerawat itu sendiri. maka penyebab jerawat dan pencegahannya sangatlah penting untuk diketahui

Penyebab Jerawat dan Pencegahannya

Tanda-Tanda Jerawat

1. Muncul bintik atau benjolan kecil yang lama-kelamaan akan meradang, sehingga benjolan tersebut menjadi berwarna kemerahan.
2. Terasa sakit dan berdenyut pada benjolan kecil tersebut.

Penyebab Jerawat dan Pencegahannya

1. Penyebab utama jerawat adalah menumpuknya minyak hasil ekskresi dan kelenjar minyak (sebum) pada wajah. Para bakteri penyebab jerawat itu tinggal di kelenjar minyak (sebum).

2. Pembelahan sel secara berlebihan pada folikel sel kulit. pembelahan sel itu di picu oleh hormon androgen. Hal tersebut membuat sel kulit mati banyak terdapat di wajah dan ka tidak dibersihkan, maka hal tersebut juga akan menjadi santapan bagi bakteri yang mampir ke kulit wajah dan menyebabkan timbulnya jerawat.

3. Bakteri propionibacterium acnes. Diwajah lah bakteri ini bertempat tinggal. Bahkan dalam tingkatan yang parah bisa menyebabkan terjadinya peradangan pada wajah.

4. Stres juga dapat memacu timbulnya jerawat

Pencegahan Timbul Jerawat

Setelah mengenal penyebab jerawat, tentu kita juga akan membahas pecengahan timbul jerawat.

1. Untuk menghindari jerawat, sebaiknya kita sering membersihkan wajah dengan air bersih. Hal ini disebabkan karena wajah lebih banyak mengandung minyak daripada bagian tubuh yang lain. Jika minyak wajah tersebut tidak sering-sering dibersihkan akan membuat debu-debu halus menempel pada kulit wajah dan menutupi pori-pori dan pada akhimya akan dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

2. Menghindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas dan berlemak.

3. Rajin berolahraga karena berolahraga akan membuat tubuh kita berkeringat. Tubuh kita yang berkeringat mengeluarkan kotoran yang berasal dari pori-pori wajah. Dengan, pori-pori wajah yang terbuka akan membuatnya kembali bernapas sehingga kotoran yang bersemayam pada wajah akan lebih mudah dibersihkan.

4. Hindari stres. Stres adalah faktor yang secara tidak langsung mcnyebabkan munculnya jerawat. Pada kondisi stres menyebabkan kondisi hormon menjadi tidak stabil yang memengaruhi produksi dan sekresi minyak dari kelenjar minyak. Selain itu, kondisi stres memengaruhi asupan makan dan kondisi sistem imun yang menurun sehingga infeksi bakteri dengan mudah berkembang biak dan menyebabkan jerawat.

Demikianlah artikel yang saya (penulis) buat ini Kupas Tuntas Penyebab Jerawat dan Pencegahannya, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca. Salam hangat.