Jumat, 23 November 2018

Langkah Langkah Facial Sendiri dirumah ( Paling Lengkap)

Langkah-langkah facial sendiri dirumah berguna untuk menjaga serta merawat wajah agar tetap bersih dan bersinar. Karenanya, banyak wanita yang secara rutin rnengunjungi salon untuk hal satu ini. Hanya saja, perawatan facial di salon membutuhkan biaya yang tidak sedikit, selain kita kadang tidak punya waktu untuk pergi ke salon.

Nah, bisakah kita melakukan langkah-langkah facial sendiri dirumah? Sebenarnya bisa saja. Kalau Anda ingin melakukan langkah-langkah facial sendiri dirumah. Cukup sediakan air hangat, pembersih wajah, krim untuk pengelupasan (scrub) dan handuk khusus wajah, masker, dan pelembab. Hanya itu Anda sudah bisa melakukan langkah-langkah facial sendiri dirumah.

Setelah semua bahan tersebut disediakan, Anda sudah bisa mulai melakukan perawatan facial wajah dirumah.

Facial Sendiri dirumah

Berikut ini langkah-langkah facial sendiri dirumah


Membersihkan Wajah


Membersihkan wajah bertujuan untuk mengangkat semua kotoran dan ini merupakan langkah awal dalam perawatan facial. Untuk kulit berminyak dan kulit kombinasi, bersihkan dengan foaming cleanser atau busa pembersih (soap free). Sedang untuk kulit kering, gunakan cream cleanser atau susu pembersih. Baca juga Cara Merawat Wajah Pria Agar Tidak Kusam dan Berminyak

Pengelupasan


Dengan menggunakan jari-jari tangan, usapkan krim scrub dengan membentuk gerakan sirkular pada wajah Anda. Jika kulit Anda termasuk jenis kombinasi, konsentrasikan pengelupasan ini pada area disekitar dahi dan hidung. Setelah itu, basuh wajah sampai bersih karena butiran krim scrub cenderung mengeringkan kulit.

Penguapan


Tuangkan air hangat ke dalam baskom berukuran sedang, celupkan waslap khusus untuk wajah, kemudian peraslah dengan lembut. Setelah itu tekan tekanlah wajah Anda sebanyak 2 sampai 3 kali.

Menggunakan Masker


Kalau wajah Anda berminyak, gunakan masker dengan bahan dasar tanah liat. Sedang untuk kulit kering, disarankan menggunakan masker berbentuk hydrating gel atau krim. Kenakan masker selama 10 sampai 20 menit atau sesuai instruksi yang terdapat pada kemasan dengan menghindari area sekitar mata.

Setelah itu bersihkan dengan air bersih. Selain menggunakan bahan-bahan masker yang dijual di pasaran. Anda juga bisa melakukan facial dengan menggunakan masker buah-buahan atau bahan alami.

Memberikan Pelembab


Setelah wajah Anda dibersihkan dan masker, langkah selanjutnya adalah membubuhkan pelembab. Untuk hal ini, sebaiknya hindari pelembab yang mengandung retinol atau asam karena dapat mengelupas kulit secara berlebihan (over exfoliate). Baca juga Kupas Tuntas Penyebab Jerawat dan Pencegahannya

Tip Menggunakan Masker Wajah


Setelah membaca langkah-langkah facial sendiri dirumah. Selanjutnya menggunakan masker wajah dapat membantu membersihkan dan menghaluskan kulit wajah yang lelah dan mudah terpapar sinar matahari. Pada dasarnya, masker wajah berfungsi membersihkan pori-pori, menyegarkan, mengangkat kotoran dan sel kulit mati, juga mampu meremajakan kulit wajah yang lelah.

Tentu saja semua khasiat tersebut hanya bisa dicapai apabila kita menggunakan masker dengan cara yang tepat dan benar. Berikut ini tip menggunakan masker yang baik, untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

  • Bersihkan wajah dengan pembersih wajah atau air, kemudian gunakan toner. Setelah itu keringkan dengan handuk lembut.
  • Gunakan kuas khusus atau jari tangan yang sudah dibersihkan untuk mengoleskan masker ke seluruh permukaan wajah dan leher sampai merata, kecuali lingkar mata dan mulut.
  • Tunggu sampai masker mengering setidaknya sekitar 15 sampai 30 menit. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, usahakan untuk tidak mengernyit, tertawa, atau menggerakkan otot wajah selama menggunakan masker.
  • Apabila masker telah mengering, angkat lah masker dengan tisu atau handuk basah yang telah dicelupkan ke dalam air hangat. Bersihkan seluruh wajah dan leher, hingga bersih. Setelah itu, keringkan wajah dengan handuk bersih yang halus.
  • Apabila menggunakan masker berbahan gel atau kolagen, lepaskan masker dari bagian atas atau dahi ke arah bawah. Setelah itu bersihkan dengan handuk yang telah dibasahi air hangat.

Kerjakan tip diatas dengan hati-hati. Jika belum paham langkah-langkah facial sendiri dirumah silakan dibaca lagi agar tidak ada kesalahan ketika praktek. Baca juga Kupas Tuntas Komedo dan Cara Mengatasinya

Tip Cantik dengan Masker Buah-buahan


Salah satu upaya mempercantik wajah adalah dengan penggunaan masker. Baik yang buatan ataupun secara alami yang terbuat dari berbagai jenis buah-buahan. Ada cukup banyak buah yang dapat digunakan untuk membuat masker alami, dan beberapa di antaranya adalah yang berikut ini.

Stroberi

Banyak mengandung asam salisilat, yang merupakan salah satu jenis asam beta-hidroksi yang membantu mengencangkan kulit. Selain itu, stroberi juga mengandung silica, serta vitamin B, C, E, dan K.

Avokad

Buah ini kaya asam amino dan vitamin sehingga cocok digunakan sebagai masker pencegah penuaan dini pada kulit wajah.

Anggur

Memiliki banyak kandungan mineral, kalsium. magnesium, potasium, vitamin Bi, B2, B3, B5, B6, C, dan senyawa-senyawa flavonoid. Hampir semua jenis anggur yang memiliki warna berbeda dapat digunakan untuk lotion.

Lemon

Mengandung vitamin A, C, B1, B2, dan B3. Sangat baik untuk kulit berminyak, namun lotionnya juga berkerja efektif untuk kulit normal. Dapat digunakan setiap hari.

Tomat

Buah segar ini mengandung protein, fosfor, besi, belerang, vitamin A, Bi, dan C. Untuk menghaluskan wajah Anda bisa menggunakan tomat yang sudah matang, lalu iris dan gosokkan pada wajah.

Pisang

Mengandung serotonin, pektin, tanin, noradrealin, hidroksi tritamin, dopamin. Dan berbagai vitamin B kompleks, vitamin A, dan C. Sangat bagus untuk pelembab kulit wajah.

Jeruk Nipis

Mengandung unsur-unsur senyawa kimia, antara lain limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitrat, dan asam sitrat, yang berfungsi mencegah keriput.

Pepaya

Untuk menghilangkan jerawat, Anda bisa menggunakan 2 sampai 3 lembar daun pepaya tua, jemur sebentar, kemudian tumbuk sampai halus. Tambahkan satu setengah sendok air, lalu gunakan sebagai bedak pada wajah yang berjerawat.

Apakah Anda sudah ada niat untuk melakukan langkah-langkah facial sendiri dirumah?Tentunya langkah-langkah facial ini lebih hemat biaya daripada melakukannya disalon.