Rabu, 21 November 2018

Kupas Tuntas Komedo dan Cara Mengatasinya

Kupas Tuntas Komedo dan Cara Mengatasinya selain membuat kulit tampak kusam dan tidak sedap di pandang, bintik hitam komedo juga bisa berkembang menjadi jerawat. Hampir semua orang pernah berurusan dengan komedo, khususnya yang kulitnya berminyak.

Pada umumnya, komedo muncul di zona T wajah yang memiliki kelenjar terbanyak, mulai dan hidung, dan menyebar sampal dahi, dagu, dan pipi. Bintik hitam komedo muncul akibat penyumbatan folikel oleh campuran minyak (sebum), sel-sel kulit mati, rambut-rambut halus, kotoran, dan juga bakteri.

Permukaan zat-zat yang menyumbat folikel tersebut bersentuhan dengan udara, dan mengalami oksidasi sehingga berubah warna menjadi hitam. Pada umumnya, fulikel terdiri atas kelenjar minyak yang terlalu aktif (sebaccous follicle) yang distimulasi oleh aktivitas hormonal. Untuk merawat wajah agar tidak kusam, baca artikle ini Cara Merawat Wajah Pria Agar Tidak Kusam dan Berminyak.

Untuk menghindarinya tentu Anda perlu selalu menjaga kebersihan wajah, agar terbebas dan kotoran danproduksi minyak berlebih. Itulah mengapa saya akan jabarkan secara lengkap Kupas Tuntas Komedo dan Cara Mengatasinya.
Komedo dan Cara Mengatasinya

Berikut ini tip untuk mengatasi komedo

  • Bersihkan wajah secara rutin, setidaknya dua kali dalam sehari semalam, yakni pada waktu pagi dan malam hari. Gunakan cleansing oil untuk membersihkan wajah secara menyeluruh sampai ke pori-pori. Setelah itu, basuh wajah dengan menggunakan facial wash atau facial gel. Jika tipe kulit Anda berminyak, gunakan clay based cleanser yang bekerja menyerap dan menyingkirkan kelebihan minyak tanpa membuat kulit jadi kering.
  • Pastikan pula Anda tidak lupa membersihkan area di belakang telinga dan garis rambut karena area tersebut sering terabaikan dan merupakan tempat potensial munculnya komedo yang menjadi jerawat. Basuhilah wajah sebersih mungkin, dan jangan meninggalkan sisa-sisa pembersih karena akan menumpuk pada kulit.
  • Tahanlah godaan untuk memencet komedo, atau menariknya keluar menggunakan plester komedo. Karena, kulit hidung sangat lembut dan tipis sehingga upaya menarik semacam di atas akan bisa memecahkan pembuluh kapiler dan menyebabkan kerusakan kulit. Akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan produk perawatan wajah yang berfungsi membersihkan dan menyingkirkan penumpukan zat residu pada kulit, daripada memencet komedo setiap hari.
  • Jika Anda merasa komedo yang muncul bisa ber kembang menjadi jerawat, ada baiknya jika Anda mengunjungi terapis kulit untuk membantu menghilangkannya secara cepat dan efektìf, tanpa meninggalkan trauma dan kerusakan pada kulit.

Tip Mencegah Munculnya Komedo

Salah satu problem wajah adalab komedo. Secara mudah, komedo dibagi menjadi dua macam, yaitu komedo putihdan komedo hitam. Komedo putih berupa kumpulan lemak yang keluar dari dalam tubuh. Sedang komedo hitam adalah kumpulan lemak putih, tetapi sudah terkontaminasi atau tercampur kotoran sehingga susah untuk keluar. Dan pada akhirnya akan membuat Jerawat, lebih lanjut baca artikel ini Kupas Tuntas Penyebab Jerawat dan Pencegahannya

Untuk dapat mencegah munculnya komedo, maka kita perlu tahu hal-hal apa saja yang menyebabkan munculnya komedo. Dengan mengetahui faktor pencetusnya, maka kita lebih paham Kupas Tuntas Komedo dan Cara Mengatasinya. Berikut adalah hal-hal yang menyebabkan munculnya komedo
  • Kurangnya air dalam tubuh. Karenanya, sangat disarankan untuk selalu minum air putih sebanyak minimal 5 gelas per hari.
  • Adanya sel kulit mati dalam jumlah berlebih sehingga menyumbat permukaan pori-pori.
  • Adanya produksi minyak yang berlebihan pada kulit wajah. Pembersihan wajah yang kurang baik sehingga mengakibatkan minyak pada wajah tidak terangkat secara sempurna.
  • Penggunaan scrub yang berlebihan pada wajah.
  • Penggunaan kosmetik yang mengandung minyaksecara berlebihan, atau terlalu banyak.

Tip Menghilangkan Komedo

Setelah mengetahui apa saja tentang Kupas Tuntas Komedo dan Cara Mengatasinya, maka kita pun dapat mulai menjaga diri agar problem satu itu tidak muncul Lalu bagaimana kalau komedo sudah terlanjur muncul di wajah? Berikut ini tip yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan komedo,
  • Sediakan air panas yang mendidih, kemudian uapi wajah Anda. Uap panas tersebut akan membuka pori-pori wajah sehingga Anda nantinya akan mudah mengambil komedo.
  • Pada waktu mengambil komedo dari wajah, gunakan alat khusus yang telah dibersìhkan dengan alkohol. Jangan pernah memencet komedo dengan tangan karena dapat menimbulkan alergi, serta meninggalkan bekas pada wajah.
  • Setelah proses pengambilan atau pelepasan komedo selesai, bersihkan wajah dengan pembersih wajah.
  • Pakailah masker yang biasa Anda gunakan, untuk merapatkan kembali pori-pori yang telah terbuka karena penguapan tadi.
  • Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air bersih
Itulah pembahasan saat ini tentang Kupas Tuntas Komedo dan Cara Mengatasinya. Semoga artikel yang sedikit ini bisa memberi ilmu baru untuk pembaca. Salam hangat.